Rony's Blog
Meta

TK dan SD yang Bagus Menurut Saya

Print This Post   Email This Post

Sekali lagi, menurut saya. Jadi sangat mungkin informasi ini tidak sesuai atau kurang cocok dengan keinginan/kebutuhan bapak/ibu sekalian. Maka, katakanlah, ini adalah disclaimer awal saya atas informasi di bawah ini. :)

Tulisan ini dipicu dari beberapa pertanyaan baik di shoutbox lama saya (yang sementara saya tutup dulu, sampai saya sempat bikin template baru), maupun di tulisan saya terdahulu yang berjudul Snapshot Pendidikan Anak di Yogyakarta.

Taman Kanak-kanak dan Playgroups

Bagi saya, dan menurut beberapa psikolog terkenal (silakan cari sendiri di wikipedia), usia balita sampai 8 tahun adalah usia kritis. Usia dimana anak membutuhkan perhatian lebih, sehingga dia akan mendapatkan dasar yang paling mantap untuk menapaki dunia kedewasaannya nanti.

Jangan salah ya, pandangan ini sebenarnya bukanlah hal baru bagi dunia pendidikan Indonesia. Memang di luar negeri, perkembangan pola pikir seperti ini baru muncul setelah –istilah saya– renesains tahap ke-dua, yaitu pasca booming pembebasan.

Ki Hajar Dewantara sebenarnya adalah pelopor untuk hal ini. Silakan cari informasi tentang beliau, sepertinya sudah banyak beredar di buku-buku perpustakaan, maupun di internet. Nah, saya tidak sedang membahas ini, mari kita lanjutkan ke TK yang menarik menurut saya.

Di Yogyakarta, TK dan Playgroup yang pola pendidikannya cukup Freire-an, sementara ini baru dua buah yang saya tahu. Salah satunya saya dapatkan informasinya justru dari teman kantor.

Kebetulan teman kantor saya ini, memiliki anak yang istimewa. Anak tersebut tidak mudah menurut pada sembarang orang. Akibatnya dia –kalau saya tidak salah tangkap– di-cap pembangkang oleh guru di TK-nya yang sekarang. Alhasil, kawan saya harus mencari TK yang tidak semena-mena seperti itu. Dan sampailah teman saya ini pada TK/Playgroup SALAM (Sanggar Anak Alam).

SALAM bertempat di daerah Nitiprayan, yaitu sebelah selatan-barat dari perempatan Bugisan. SALAM ini terletak di tengah sawah. Dan sesuai namanya, TK ini mendekatkan anak-anak ke alam. Jika ada anak yang tidak mau ke kelas, dan bilang lebih suka melihat kodok, maka diajaklah anak tersebut ke kolam sebelah, sambil si Guru memberikan keterangan lebih jauh tentang kodok.

SALAM ini didirikan oleh, kebetulan saya kenal, mbak Wahyah. Tokoh lawas di dunia NGO. Mbak Wahyah ini, mungkin bukan kebetulan ya, sangat dihormati oleh penduduk sekitar. Beliau sempat menjabat sebagai ketua RT. Apalagi beliau juga sempat menampung penduduk yang terkena PHK jaman krismon parah beberapa waktu lalu dengan mendirikan sebuah usaha pupuk organik. Jadi, jika Anda merasa ragu dengan dukungan masyarakat (terutama masyarakat sekitar) atas pola pendidikan alternatif ini, saya bisa jamin bahwa keraguan itu tidak berdasar. Dukungan sangat besar kok :) Untuk SPP kalau saya tidak salah tangkap adalah sekitar Rp. 25.000,- (dua puluh lima ribu rupiah) per bulan. Perbandingan guru murid adalah 1:3 hingga 1:4, artinya 1 guru maksimal menjaga/melayani 4 murid.

TK/Playgroup yang lain adalah Pelangi. Seperti sudah saya singgung di tulisan saya terdahulu, TK ini juga memiliki pendekatan alternatif. Dan pembatasan jumlah murid diberlakukan di TK ini, karena mereka sendiri memiliki konsep bahwa satu orang guru (di sini dipanggilnya kakak) menjaga tak boleh lebih dari 4 orang anak. Kurang lebih sama bukan? Nah, di sini SPP-nya sedikit lebih mahal. Sekitar Rp. 500.000,- tetapi tidak ada lagi uang makan, uang gedung, maupun uang seragam.

Jika Anda datang ke TK-TK tersebut, pertama sekali yang akan Anda hadapi adalah pertanyaan beruntun dari para penyelenggaranya. Jangan apriori atau ketakutan dulu, pertanyaan itu adalah sebuah upaya penggalian informasi atas Anak Anda. Sehingga diharapkan nantinya akan didapatkan metode yang paling tepat untuk mendekati anak Anda, dan segera menjadi “kawan” bagi mereka.

Di TK Pelangi, para guru bahkan mengadakan evaluasi pada tiap periode tertentu. Evaluasi ini nantinya akan disampaikan ke orang tua, dan kemudian dimintakan pendapat. Oh ya, di kedua TK tersebut, sependek pengetahuan saya, upaya untuk selalu melibatkan orang tua atas setiap “perubahan” sikap dari si anak sepanjang proses pendidikan selalu diutamakan. Sehingga tak heran kalau sewaktu-waktu Anda di telfon untuk diberi informasi-informasi tertentu, misalnya,”Pak/bu, {nama anak Anda} tadi memukul temannya, apakah sedang ada masalah di rumah karena bla bla” dengan informasi berbasis psikologi. Ah, ini informasi yang saya dengar dari cerita salah seorang teman saja, saya belum mengalami sendiri. Namun saya cukup pasti untuk memilih kedua TK tersebut sebagai tempat dimana anak saya nanti menuntut ilmu. :)

Bagaimana dengan SD?

Nah, untuk SD ini saya belum mendapat informasi lengkap. Tapi baiklah, saya berbagi saja informasi yang saya tahu.

SD Mangunan, sebuah SD yang bertempat di Desa Mangunan, Kalasan, adalah salah satu yang menarik. SD ini dulunya dibangun oleh seorang budayawan terkenal, Romo Mangun Almarhum.

Pengembangan ke depan dilanjutkan oleh DED (dinamika edukasi dasar). Di SD ini pendekatannya juga berbeda dengan SD yang lain. Konsep sekolahnya adalah di rumah penduduk. Jadi modelnya adalah meminjam sebuah rumah, dan di ruang tamu rumah tersebut di susun kursi-kursi kecil melingkar untuk anak-anak duduk. Tidak ada seragam di sini, sehingga kursi-nya pun warna-warni.

Bagi anak yang sedang tidak ingin belajar di kelas, bisa menggantung kaleng-kaleng di sebuah pohon, kemudian memukul-mukul sesuai keinginan dia, ataupun melakukan riset tentang lingkungan, ataupun bermain-main dengan alat olahraga. Anak tersebut diawasi oleh seorang guru. Yang menarik adalah lagi-lagi orang tua dilibatkan dalam proses. Selain itu, para murid juga dirangsang untuk mencari jawaban atas pertanyaan mereka.

Di salah satu pojok ruangan, ada sebuah meja tempel. Meja ini biasa saja, hanya saja permukaannya ditempeli oleh semacam kliping. Apa fungsi meja ini? Ternyata itu adalah meja jawaban. Ketika seorang anak bertanya, misalnya, tentang mengapa daun putri malu menutup ketika disentuh, maka ramai-ramai guru dan murid menjadikan hal itu sebagai pe-er. Pe-ernya adalah mencari informasi tentang hal ini melalui majalah ataupun media. Dan esok harinya, seorang anak akan menempel guntingan majalah bobo yang menerangkan tentang putri malu tersebut. Seperti itulah suasananya.

SD yang lain adalah SD Tumbuh. Lokasinya di Jetis, pusat kota. Begitu Anda tertarik untuk memasukkan anak Anda ke SD ini, maka Anda akan mendapatkan undangan. Undangan tersebut adalah undangan presentasi. Pihak sekolah akan mempresentasikan metode dan pola pendekatan dari SD tersebut untuk pendidikan. Di ruang presentasi itulah kemudian digali pendapat dari orang tua siswa mengenai pola pendidikan ini.

Pendekatan SD ini juga cukup memerdekakan si anak. Tidak ada kekangan, tidak ada keharusan tertentu. Dalam hal ini kekangan/keharusan maksudnya adalah kekangan/keharusan yang berujung pada punishment. Taruhlah hukuman di sini, seperti sudah saya singgung di tulisan saya sebelumnya, seperti harus sholat dhuha kalau melakukan kesalahan. Di SD ini hal itu tidak berlaku.

Nah, mengenai informasi SPP dan lainnya, saya belum mendapatkan informasi jelasnya. Kebetulan saya sedang ada banyak pekerjaan, jadi belum sempat tanya-tanya. Namun kalau memang Anda tertarik, silakan datang. Para guru akan dengan senang melayani.

Oh ya, khusus untuk SD Mangunan, saya sendiri masih belum yakin apakah SD tersebut masih berjalan. Maaf, karena informasi yang saya berikan itu adalah informasi ketika saya datang ke sana bersama teman-teman Ambon. Yaitu sekitar enam tahun yang lalu :) Kebetulan waktu itu kami sedang berbagi metode untuk pendekatan pendidikan bagi anak-anak Ambon yang masih dalam trauma perang saudara.

Nah, sementara seperti ini dahulu informasi dari saya. Mudah-mudahan di kemudian hari saya bisa memberikan informasi yang lebih jelas dan masif.

vale, demi kesehatan dan kecerdasan

El rony, menata puzzle demi puzzle demi kemajuan bangsa

tambahan

Tambahan ini penting sekali, tapi sayang saya lupa kemarin menuliskannya. Inti dari semua informasi ini adalah bahwa pilihan dimanapun sang anak mau belajar, dikembalikan kepada si anak. Kalau anak tidak nyaman dengan model seperti di atas, ya menurut saya sebaiknya jangan dipaksakan. Bagaimana mau belajar, kalau mereka sendiri tidak nyaman, bukan begitu? :)

Category: Pendidikan, Yogyakarta | Comment RSS 2.0 | trackback

89 Responses to “TK dan SD yang Bagus Menurut Saya”

  1. peyek Says:

    Mas, jadi pengen balik ke masa kecil dan sekolah lagi ke sekolah yang mas sebutkan tadi, soalnya saya merasa sudah mengalami pencemaran otak yang parah.

  2. edwin Says:

    kirain di Jakarta…

  3. Yudhis Says:

    syukurlah masih banyak sekolah yang peduli dengan pendekatan yang mengikuti pribadi anak yang berbeda2. terima kasih sudah berbagi informasinya mas

  4. cahyo Says:

    sekalian, TK dan SD di Jakarta mas. Mana yang bagus…;-)

    *towel-towel*

  5. Mira Says:

    wah, sayang ya jauh di Yogya. aku tertarik banget pada metode yang diterapkan TK yang Dik Roni ceritain. Di Bandung, di TK yang kata orang bagus, mehelnya minta ampun.

  6. ishary Says:

    trim’s atas info Tk khusus nya SALAM kebetulan saya sdg mencarikan TK anak saya. dan untuk anak saya yang pertama kebetulan sudah sekolah kelas 2 di SD tumbuh. untuk Sd tumbuh memang bagus buat anak saya jadi memang bagus juga menurut saya. VIVA SD TUMBUH. spiritnya SD Jogja…..

  7. didi Says:

    SD Tumbuh lokasinya di mana ya Mas ? Jetis sebelah mana ? Kebetulan rumah orang tua di belakang TVRI tidak begitu jauh dari Jetis.

  8. ressy Says:

    Thanks mas Ronny atas info sekolah yang ok di Jogja, tapi boleh saya ingin menginformasikan bahwa ada sekolah playgroup ( dari usia 1 tahun ) TK dan SD yang menggunakan metode Active Learning,kelas kecil,komitment kuat terhadap pendidikan anak,di Budi Utama ( Sekolah Nasional Tiga Bahasa ) alamat Jl Wijayakusuma 121 B ( belakang TVRI ) phone 627030 dengan biaya yang terjangkau bagi masyarakat Yogya. Kami tunggu kedatangan mas Ronny disana…Maturnuwun

  9. ilal Says:

    Terima kasih mas … anda adalah; salah satu pejuang pendidikan.
    Kepedulian terhadap Pendidikan khususnya di negara kita merupakan tanggung jawab kita bersama, tapi perlu diingat perubahan yang terbaik harus dimulai dari diri kita sendiri.
    Tank’s.

  10. nezza Says:

    TK pelangi lokasinya dimana ya mas? apakah TK Pelangi indonesia yang ada di Jl colombo itu?
    Thanks

  11. rony Says:

    @nezza:
    lokasinya di utara perumahan pesona merapi mas, di daerah sardonoharjo. perempatan ringroad monumen jogja kembali, ke utara terus, perempatan yang agak serong belok ke kanan.

  12. adji Says:

    Trims banyak informasi ttg TK dan Playgroup Sanggar Anak Alam.
    Komentar ttg SD Mangunan: saat ini SD tersebut masih berjalan, bahkan berkembang. Bagus.
    Metode pengajaran masih tetap mempertahankan konsep Rm Mangun. Namun, guru-guru tetap mengikutkan murid-murid ulangan/ujian bersama Dinas setempat. Hasilnya: OK banget

  13. raino Says:

    saya sdh pernah dgr mengenai SD mangunan, kalo tdk salah skrg menjadi SDK Mangunan. Boleh nanya dong alamat lengkap SD mangunan di mana ya? plus denah kesana..ada sdr yg tertarik menyekolahkan anak kesana

  14. rony Says:

    @mas raino:
    waduh, saya malah ndak tau kalo sekarang jadi SDK Mangunan. Alamatnya di dusun mangunan mas, di kalasan. Jadi, jalan raya Jogja-Solo, sebelum sungai yang biasanya buat nyuci truk. Di selatan jalan. Semoga bisa dicari :)

  15. Ida Says:

    Aduh, aku bentar lagi pindah ke Kalasan, sedangkan putriku masih sekolah di SDN Deresan, kalo bisa pengennya pindah yang lebih dekat, sepertinya SD Mangunan menarik untuk dicek. Makasih ya dah posting info penting…..

  16. nano Says:

    tolong informasinya ttg SMP yg bagus diJogja .Trims

  17. ratu pantaiselatan Says:

    allow rony….
    boleh ga aku nambah deretan sekolah bagus jogja mu
    sdit alam nurul islam jogja
    www.sekolahalamjogja.com
    dimana anak2 dsitu bener2 dihargai fitrahnya…
    anak ya anak…anak yang lebih memilih bermain…
    anak yang lebih memilih berpetualang dengan imajinasi mereka yang kadang “aneh” buat orang dewasa…
    anak yang lebih suka “nyusuh”=> mengumpulkan barang2 “ga berguna” menurut orang dewasa…tapi berharga buat mereka…
    itulah anak….yang sekarang lebih dipaksa untuk memahami cara berpikir orang dewasa ketimbang kita yang dewasa mau memahami cara berpikir mereka….
    thanks ya ron…mpe ketemu….

  18. Evi Says:

    Berguna banget informaasinya. Dijakarta sepertinya ada SALAM juga di Jl. Lebak Bulus III, tapi gak tau sama gak sistem pendidikannya sama SALAM di Yogya. Semacam sekolah alam lah.

  19. Novi Says:

    mas ada gak sekolah inklusi yang baguus, karena anak saya udah 7 tahun tapi belum bisa jalan dan omong. Mohon informasinya
    thanks a lot

  20. alfi Says:

    infonya berguna banget. saya cuma mau ngasih tambahan sekolah playgrup dan tk di jogja yang menerapkan cara belajar seperti pelangi adalah TRC BASIC 5 di umbulharjo (belakang rumah sakit Hidayatullah). saya bilang gitu karena anak saya termasuk yang bermasalah dan sangat sulit cari sekolah yang bisa menerima anak saya hingga akhirnya saya masukan di sekolah itu, mendapat terapi karena anak saya agresif dan usia 3,5 belum bisa bicara sama sekali. tapi alhamdulillah sekarang sudah baik seperti anak normal lainnya. bisa dicoba deh bagi ortu yang punya masalah dengan anaknya..

  21. bulan Says:

    thanks ya mas infonya….
    tadinya saya berniat sekolahin anak saya di TK Pelangi karena temen2 bilang bagus tapi karena kami sekeluarga awal januari harus pindah ke samarinda jadi bingung deh anak saya bakalan saya sekolahkan dimana karena info sekolah-sekolah di samarinda dikit banget….
    kalo ada yang punya info tolong di share ya…
    thanks a lot mas ronny

  22. M.Fadlillah Says:

    kepada:
    Yth. Para Pembaca Yang Budiman
    di tempat

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
    Perkenalkan kami dari GALERI NUSANTARA (Pusat kerajinan dan kreativitas anak bangsa) di Yogyakarta.
    Bersama ini kami ingin menawarkan produk-produk permainan “Edu Toys” karya anak bangsa yang dapat mencerdaskan anak-anak dalam masa perkembangannya.
    untuk daftar produknya dapat dilihat di www.galerinusantara.blogspot.com

    Demikian pemberitahuan kami, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

    Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.

    Hormat kami,

    M. Fadlillah, S.Pd.I
    (Owner)

  23. Damayanti Says:

    Infonya pas bgt! Tapi ’sd tumbuh’nya minim info,tiap kali cari inf.via web.. Munculnya blog.roni.. Tapi salut atas semangatnya!

  24. pie Says:

    pak…saya minta info ttg skolah yang cocok untuk ponakan saya di jakarta.anaknya berumur 7 tahun, daftar di SD umum tidak diterima, karena anaknya tidak bisa diem dalam waktu lama, cepat bosen menerima materi pelajaran, bukan karena ga bisa menerima, justru karena dia cepat menangkap pelajaran.Dia tidak bisa konsentrasi dalam waktu lama, suka kesana kemari, ga berenti kalo bertanya. Selama ini jadinya cuma homeschooling sama mama nya.tapi mama nya sering sakit, kcapekan ngurus anaknya. Katanya ada sekolah di jakarta yang khusus untuk dia, tapi uang pangkalnya 50jt.Apa ada sekolah yang terjangkau untuk kelas menengah ke bawah????? tolong dibales surat saya lewat email pak ya……trima kasih

  25. Habsari Says:

    Memang betul ya mas bahwa TK itu seharusnya dipakai anak untuk mengenal dan explore hal2 di skeliling mrk. Tapi yang saya lihat, liat justru mereka dibebani oleh materi yang mungkin belum waktunya untuk diebrikan. Seperti menulis halus, diberi hitungan matematika dalam bentuk cerita, dll.
    Jadi yang betul gimana?

  26. Sari Says:

    seharusnya pendidikan di Indonesia memang lebih melihat ke bakat anak daripada dijejalin materi-materi yang berat….

  27. thia Says:

    saya minat juga nih sama SALAM,niatnya Pram besok mau masuk playgroup SALAM aja deh

  28. Lusi Says:

    Minta tolong kalau ada yang mengetahui informasi mengenai sekolah Inklusi seperti SD Mangunan atau Pelangi tapi yang ada di Solo / Surakarta ?
    Terima Kasih
    Lusi

  29. jazim Says:

    Saya jadi ingin kesana. Melihat dan kalau boleh mengabdi di sana !!

  30. kusuma Says:

    pengen mengulangi masa kecil…,belajar bersama alam..ya jd pengen mbalik kampung nih,membaca artikelnya mas rony.

  31. upik Says:

    Info yang bagus banget mas, kebetulan aku lagi nyari PG buat si kecil.. Makasih ya mas…

  32. bino Says:

    hihihi ini posting udah lama …
    Nambah satu lagi ron untuk deretan TK —> ECCDRC, pasar telo ngidul lagi … kanan (kulon) jalan

  33. rony Says:

    sip! maturnuwun pak!

  34. nia Says:

    Ada juga lho sekolah preschool/TK yang bagus di jogja, namanya Olifant, letaknya di daerah Demangan. Biaya-nya memang agak mahal, namun kualitas pendidikannya bagus. Di sini anak-anak pun dihargai pribadinya.
    Yang pasti, untuk mengetahui apakah sekolah tersebut cocok atau tidak dengan anak-anak kita adalah dengan melihat apakah anak-anak kita senang bersekolah di situ atau tidak. Jika mereka merasa tertekan, mungkin sekolah tsb tidak cocok dengan jiwa atau karakter anak-anak kita.

  35. aisha Says:

    ada sekolah khusus untuk anak yang dimaksud pie tapi mungkin agak mahal… uang pangkal Rp 18 juta, per bulannya 1,2 juta.

    SD Pantara Jakarta
    Jl Senopati 72
    Kebayoran Baru
    sekolah khusus untuk anak kesulitan belajar atau konsentrasi belajar, disleksia, disgrafia, diskalkulia dan disfasia

  36. ritakobe Says:

    SD yang menerima anak berkebutuhan khusus dan menekankan pendidikan karakter anak dan media literasi, ada di Cimanggis Depok. Namanya Lentera Insan. Berada di dalam perumahan puri permata. Asyik kok sekolahnya, anak-anaknya baik-baik… karena memang dididik untuk mengembangkan kepribadian yang baik. Anak saya bersekolah di sana dan menunjukkan perkembangan yang membanggakan….

  37. amelia Says:

    Bisa minta info tentang SD Tumbuh yg lebih jelas lagi nggak?tahun depan anak saya masuk SD,saya tertarik dgn SD Tumbuh.

  38. Wulan Says:

    Terimakasih atas infonya. Saya sangat senang sekali karena saya dan anak-anak akan kembali ke Indonesia akhir January ini dan saya desperate untuk mencari sekolah yang tidak terlalu mahal tapi menerapkan learning thru playing seperti yang diajarkan di sekolah mereka disini (UK). Kalau saya masukkan ke sekolah umum biasa, anak-anak saya pasti akan kaget, karena hanya memfokuskan belajar tanpa bermain. Mereka sudah terbiasa dengan sistim disini jadi butuh beradaptasi dulu sebelum masuk ke sekolah umum di Indonesia. Selain itu bahasa Indonesia mereka juga tidak bagus. Once again, thanks a lot for sharing this information.

  39. bino oetomo Says:

    C/Q ibu Amelia.

    Anak saya kebetulan sekolah di SD-Tumbuh.
    Ibu ingin tambahan info apa ?

    Maap berhubung saya jarang banget buka blog nya Kamerad Ronny ini, mohon ibu search saya di FB ajah dengan ID “Bino Oetomo”

    AFAIK, :
    1. SD Tumbuh gak pernah menerbitkan pengumuman penerimaan siswa baru. Jadi ya kabarnya hanya dari mulut ke mulut saja.
    2. Umur minimal 6 tahun pada tanggal tertentu (saya lupa, nanti saya tanya istri saya), dan gak boleh kurang satu haripun.
    3. Untuk anak berumur kurang dari 6 tahun, dianjurkan masuk ke program Pre-School mereka … Programnya sedikit lebih serius daripada TK-Besar.
    5. Mreka menganut aliran Inklusi, dimana anak berkebutuhan khusus tetap di campur dengan anak anak lainnya.
    6. Setiap kelas berisi 22 orang, 20 orang anak “standar” dan 2 orang anak berkebutuhan khusus.
    7. Setiap kelas dibimbing oleh 2 orang edukator.
    8. SD-Tumbuh adalah sekolah nyentrik …. so bersiap siaplah untuk sangat terlibat dalam pendidikan anak

    Sementara gitu deeeyyy
    Note: Jika ibu ingin diskusi melalui email, silahkan minta ke pemilik blog untuk memberikan email saya ke Ibu melalui email juga.

    C/Q El Rony : Ron … silahkan aja kalau mo kasih email yahoo ku ke Ibu Amelia

  40. rony Says:

    Terimakasih pak bino, sangat membantu :D.
    segera saya emailkan alamat email pak bino ke ibu amelia. nuwun nuwun.

  41. elok Says:

    makasih pak smg dpt membuka penyelengara tk

  42. elok Says:

    pak roni tolong emailkan smua info ttg tk / preschool yg aman utk anak saya lwt email saya. krn mungkin saya pengin pindahin anak saya sekolah krn byk kasus yg sdh saya submit sblumnya, usahakan jgn yg mahal bgt . makasih.

  43. amalia Says:

    thank’s ya ron dg begitu aku bisa punya pandangan untuk masukin sekolah anakku boleh gak aku minta emailnya alfi mau sharing ttg trc basic 5

  44. SD PRIBADI di bandung Says:

    POIS(Pribadi Olimpiade Ilmu Sosial) SD Se-JAWA BARAT DAN LOMBA TK-TK
    se-JAWA BARAT. Pendaftaran terakhir: 16 Januari 2010. Untuk juara dan
    untuk guru pembimbing ada hadiah. Untuk informasi e-mail:
    pribadisd@gmail.com
    website: www.mypribadi.com ALAMAT : JL. PHH. MUSTOFA(SUCİ) NO.41
    PRIBADI BILINGUAL SCHOOL
    BANDUNG-JAWA BARAT

  45. aisya Says:

    Saya ada info di Bandung mau di buka Playgroup dan Kindergarten , dari kurikulum standard British gov UK , dan company UK yang patner dengan Ind company , dan di gabung dengan Islamic teaching ,namannya Smart kids , di Smart Learning Centre , buka di tahun ini ,Insya ALLAH .di jln Pesantren cibabat - Bandung .

  46. Ayah Fael Says:

    Dear
    walau telat, tp saya sempat tersenyum mendengar sekolah alam tadi…jadi pengen kecil lagi Mas…
    Mas Rony
    tolong di bantu email Mas Bin yah?
    bulan maret ini saya plan pindahkan anak saya ke sd Tumbuh…krn di Banjarmasin sangat minim sekolah inklusi…
    please banget deh Mas…
    tx
    Tuhan memberkati
    salam
    Petrus

  47. rony Says:

    @mas petrus: segera diemailkan. :)

  48. aisya Says:

    Mbak Susi , yang saya tau sekolah playgroup dan dan kindergarten dan study club with curriculum Uk dan kalau tidak salah company di Uk itu namannya learning4uk , baru yang di Bandung ,di j;n Pesantren , cibabat , pas pinngir jalan besar , kalau di kota lain saya tidak tau
    dan bulan july ini di Cilegon dekat krakatau stell complek .mereka pakai combi native teacher , persis sekolah Yusuf Islam London

  49. aniek sulistyowati Says:

    thn ini sy sangat bharap anak sy bs masuk SDTmbh, bukan apa2….tp sejauh ini cm SD ini yg sy rasa cocok utk anak sy. psikolog bilang anak sy gifted. kl dlm bhs sy, anak sy kecepeten :) dia pernah dikeluarkan dr TK,krn guru2 ‘nyerah’ ngadepi dia. mrk berasumsi bhw sy tll bnyk mberi stimulan. tp ktk sy berhadapan dg spikolog (anak sy dites lbh dl) ktnya justru sy hrs bnyk mberi stimulasi pdnya. setelah itu anak sy belajar di sebuah rmh belajar (semacam homeschooling) selama 6bln. pengajarnya lulusan psikologi semua.dia melaju pesat. tp kmd tdk dilanjutkan krn kesulitan biaya. sudah hampir setahun ini anak sy belajar di rmh. minatnya banyaaaak sekali. sy benar2 bharap bs nyekolahin dia di SDTmbh krn sy th pengajar dsana sgt kooperatif, sy pengen guru anak sy jg mitra bg sy dlm mendidik anak.

  50. enny Says:

    numpang tanya mas…saya mau pundah ke yogya ikut suami pindah tugas, mohon informasi SMP Negeri dan playgroup favorit yang ada di Yogya, serta alamat yang jelas ya, soalnya masih buta banget ma kota yogya
    Nuwun

  51. ken Says:

    Mau tanya2 tentang sekolah inklusi di yogya, mas..bisa PM saya no HP spy saya bisa kontak anda? Terimakasih banyak.

  52. heru Says:

    mas, anak saya usia skrg 7th termasuk ABK, kmrn sdh test observasi di SD tumbuh, tapi nampaknya belum bisa ikut program mereka, karena perkelas cuma menerima 2 orang abk, dan yang diterima yg paling siap mereka ajar, kira2 selain sd tumbuh & mangunan, ada lagi nggak sekolah inklusif di yogya (utara)…?,
    anak saya terkena Virus CMV dari lahir, sehingga mengalami bbrp hambatan dlm pertumbuhan, terutqama motorik halusnya, physik normal, sosialisasi bagus, bicaranya masih agak cadel, tapi bisa berkomunikasi dgn baik, hanya kalau diajarkan materi (baca, tulis, hitung), masih belum bisa fokus.
    trims sekali bantuannya, semoga juga bisa membantu keluarga lain yang mengalami hal yang sama, Terimakasih juga untuk Anda yang memberikan informasi & melengkapi….. GBU…!!!

  53. deean Says:

    Kalo boleh nambahin ada Sekolahku MySchool. Lokasi di sekitar jalan damai, pas di tugu jam, masuk gang yg ke utara.

  54. seghesti woro Says:

    dear mas ronny,
    bisakah saya minta tolong email mbak aniek sulistyowati?
    saya ingin tanya2 ttg homescholling yg pernah beliau jalankan utk junior nya…..kebetulan anak saya sdg cari sekolah yg sesuai utk nya….
    teerimakasih…..

  55. rony Says:

    @mbak woro:
    saya tidak berani memberikan langsung alamat email panjenengan ke mbak aniek, tapi saya sudah mengontak mbak aniek melalui email beliau, di email itu juga sudah saya sampaikan keinginan mbak woro ini beserta alamat email mbak woro.

    semoga membantu.

  56. teddy Says:

    pak Ronny,

    Ulasan yang menarik. Apakah 2 tk tersebut masih merupakan favorit pak roni saat ini?

    saya kebetulan akan pindah ke yogya bulan depan dan perlu referensi tk unutk si kecil kami.

    TK pelangi yang bapak sebut TK pelangi yang mana ya?
    1. TK PELANGI ANAK
    Jalan Pramuka, Gg Garuda No. 14, Umbulharjo Yogyakarta
    2. TK PELANGI INDONESIA
    JL. COLOMBO 8 YOGYAKARTA

    apakah ada alternatif lain selain TK salam dan pelangi ini?

    terima kasih
    Teddy

  57. Mama Abim Says:

    Aduh bagus sekali..di Solo ada nggak ya sekolah SD seperti itu….

  58. rony trisnowati Says:

    salam bahagia semua, untuk para ibu kami Youkay Magz majalah 7 bahasa mengadakan seminar “English For Moms” dengan tema How to help our chidren learn English at home? bersama para pakar yang ahli dibidangnya. Pelaksanaan: minggu 6 juni 2010 pkl 08.30-11.50 di gedung UST (timur balaikota Yogya, invest 45rb. Fasl: CD 72 materi & ratusan gambar English for Moms dsb. CP: 02746562006 thx

  59. tyas Says:

    Ide konsep SD Tumbuh bagus ya, jadi pengen tahu lebih banyak.. Temen saya ada yang anaknya sekolah disana dan pernah mengundang hadir pas open house sayang kami sedang keluar kota saat itu. Sebenernya saya tertarik dengan konsep nya, hanya masih sedikit ragu mas, mengingat belum ada lulusannya. Sayang kan kalo kemampuannya sudah terasah di SD Tumbuh , nanti begitu mau SMP kita kebingungan mau masuk SMP mana (saya belum punya info ttg SMP yang mengadopsi konsep sejenis ). Jangan-jangan masuk SMP Umum atau Negeri…anaknya malah culture shock? Any advice? Terimakasih sebelumnya…

  60. mama Farel Says:

    minta no telp TRC Basic 5 yg di blakang rs hidayatullah..saya tertarik krn anak sy 3 thn blm bs bicara, hnya bs mama,papa,susu,dedek dgn cadel…tlng ya.. klo ad yg tau terapi wicara yg bagus di yogya..

  61. Filisianus Warujutomo Says:

    Seingat saya pendiri sekolah SD Mangunan bukanlah romo Mangun , tetapi Kanisius. Karena pada tahun 1966 atau 1967 merupakan pemekaran SD. Kanisius Kalasan.
    Saya adalah salah satu murid yang ikut pindah karena lebih dekat dari rumah.
    Kemudian berkembang hingga saya lulus tahun 1972/1973.
    Pada awalnya kepala sekolahnya waktu itu adalah bapak saya lupa namanya kemudian diganti bapak Soemardjo sekarang sudah wafat terus penggantinya saya juga lupa.
    Tetapi disanalah saya dibesarkan.
    Kemudian pada tahun 1980/90 dikembangkan oleh Romo Mangun.Itulah yang terjadi seingat saya.
    Guru- guru adalah bpk Soemardjo,bpk Joyo,bpk yang dari Irian, bpk Hardi, bpk Kris, Ibu Sri, dan ibu Yati, ibu Sih.
    Kalau saya ingat beliau adalah orang-orang sabar dan baik hati.Kepada beliau yang sudah meninggal saya berdoa untuk kiranya diberi tempat disisiNYa. Amin
    Untuk yang masih hidup salam sayang dari saya.
    Terima kasih. Tomek 50 tahun.

  62. sotfi Says:

    Bunda..info alamat dan telp Playgroup & TK TRC BASIC 5
    alamat : Jl.Babaran 93 b,warungboto umbulharjo jogjakarta
    telp : 0274-9627002/08562865305

  63. woro tyas Says:

    Mas Rony, menarik sekali tulisan soal play group salam, bisakah saya diemail alamat lengkap dan no telp (kalo ada) pemiliknya?

    Matur nuwun,

  64. seshy - bandung Says:

    Mas sy minta bantu daftar sekolah umum di bandung yg menerima anak adhd (daftar sekolah inklusi). Terima kasih

  65. mama daffa Says:

    bisa tolong di info playgoup dan TK yang barus di samarinda gak ya? terus terang saya agak desperate cari sekolah untuk daffa, kami sblmnya tinggal di balikpapan, saya sdh ketemu sekolah alam yang konsepnya active learning mengingat anak saya aktif sekali, tapi jenis sekolah sperti ini saya belum dapat di samarinda, padahal maret nanti kami akan pindah ke samarinda. tolong di bantu ya, bisa di imel langsung ke saya.
    thanx

  66. desy Says:

    mz ron,utk biaya d sd tumbuh gmn y?n minta rekomendasi sd negeri yg menurut njenengan bagus mana?numun

  67. Pratiwi Says:

    pak rony saya minta info tk/play group di yogya yang bagus, tapi tidak terlalu mahal, karena tahun ini saya mau masukin anak saya di tk, tapi saya bener2 buta jalan di yogya karena saya baru pindah disini. sebelumnya

    terima kasih bwt infonya

  68. Lianny Theodore Says:

    Thanks SD Budi Utama Yogyakarta.
    Anak saya sekarang masuk kelas 3 SD, di awal kelas 1, anak saya “Bernice” penakut dan tidak percaya diri, tapi setelah di bimbing selama 2 tahun, Bernice menjadi anak yang berani dan percaya diri, ini semua berkat bimbingan guru guru dan teman teman Bernice. Bahkan Bernice mengatakan : Saharusnya aku dari TK di Budi Utama. Silahkan datang ke TK Budi Utama, dibelakang TVRI, Jl. Magelang.

    dari rony: rada iklan bu contentnya, tapi saya approve saja, semoga bermanfaat :)

  69. sangkala pertiwi Says:

    saya nggak percaya, kita kalo mau tau sekolah bagus atau enggak itu jangan hanya dengerin dari kepala atau guru sekolah itu saja.pasti mereka ngomongnya baik2,namanya juga jualan.tapi dilihat dari output anak didiknya.apakah mrk sudah sesuai dg tujuan pendidikan itu sendiri.jangan2 jadi anak yg seenaknya sendiri dan tidak punya karakter bangsa indonesia yg baik.jangan cuma niru perilaku bangsa lain.habislah kita .

  70. dikky Says:

    pak rony, kalau ada mohon di info , untuk sd inklusi di yogya di mana aja , thx

  71. lana Says:

    Anak saya sekolah di Flying Star yang di Lebak Bulus III dan menurut saya itu sekolah bagus, anak- anak sudah bisa membaca pada saat di TKA, menggunakan 3 bahasa (inggris, mandarin, bahasa Indonesia) dan mereka sangat mandiri dan discipline, sppnya juga terjangkau (rp.500,000/bln). Info lebih lanjut bisa hubungi 081388585600 atau www.flyingstarschool.co.cc

  72. kafin school Says:

    Kafin School Bandung(managed by Amarvi School Jakarta) adalah SEKOLAH PENDIDIKAN KESETARAAN Untuk Umum Dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) telah berizin NO. 272/PLSM/VIII/JS/2010 dan BERIJAZAH, yang berlaku untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Kafin School Bandung menyelenggarakan Pendidikan pada tingkat :
    Kelas Persiapan (PG & TK)
    Paket A setara dengan SD
    Paket B setara dengan SLTP
    Kafin School Bandung juga MENERIMA PINDAHAN DARI SLB UNTUK ANAK ABK, untuk Promo selama Bulan September hingga Oktober 2011 GRATIS IURAN BULANAN, Kafin School Bandung Beralamat di Jalan Terusan Bukit Dago Selatan
    No. 04 Kec. Coblong, Kel.Dago Bandung.
    Untuk informasi Lebih Lanjut dapat menghubungi nomor Telp. 081315778741, 081280666683
    atau :
    mengirim e-mail : kafinschool@yahoo.co.id
    Kunjungi juga website kami : kafinschool.multiply.com
    Follow Facebook :
    KafinSchool Home Schooling
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100002647081791

  73. Joan Says:

    thank you pencerahannya pak :)
    *sedang berburu daycare*

  74. ismah Says:

    mas..mau tanya dan toling informasi selengkapnya ttg seputar TK dan PAUD di Bali dan Malang ya,..yang bagus..boleh lah percontohan…

  75. Tala Says:

    Yth. Pak Rony,
    Lokasi persisnya TK Pelangi di mana ya? Saya coba cari bolak balik kok nggak ketemu. Apakah masih “hidup” sekolahnya?

  76. rony Says:

    @mbak Tala: mohon maaf mbak, Playgroup Pelangi sudah tutup. Untuk playgroup/TK yang “setipe” silakan coba kunjungi “Salam” di Nitiprayan, selatan Bugisan atau Kelompok Bermain “Mata Air” di Jl. Trapesium, condong catur.

  77. deedee Says:

    Saya jg tertarik dgn SD Tumbuh,tmn2 saya bnyk yg menyekolahkan anaknya disana. mereka blg metodenya bgs, penanganan thd murid jg ok. anak2 enjoy bgt di sekolah.

  78. dwi Says:

    mas saya mau tanya, untuk info list tk berbasis islami dan diajarkan secara aktif belajarnya plus ada pembelajaran percakapan bahasa inggrisnya dijogja dmn ya?kalau bisa yg harganya terjangkau untuk menengah kebawah, soalnya saya lagi cari referensi tk islami plus bahasa inggris untuk anak saya, klw tk yg general (tdk berbasis islami) plus bahasa inggris dan harganya menengah keatas sy sdh ada listnya (seperti elepant,bambini,palmkids)..mohon infonya dibalas via email ya mas..terimakasih

  79. dea Says:

    buat Ibu yang nanya tentang tempat terapi wicara yang bagus di yogya, mungkin ibu bisa coba hubungi Rumah Sahabat. di sana ada banyak layanan terapi anak bu… kebetulan ada anak teman yang terapi di sana dan perkembangannya cukup signifikan. telponnya 02748267882

  80. Arif Transfer Factor Says:

    ini baru sekolah yg mendidik!!
    keren, semoga semakin banyak sekolah2 yg seperti ini.

    mampir ya pak,
    http://www.indonesiatransferfactor.com/2012/02/solusi-kesehatan-anak-adalah-4life.html
    Support sistem imun anak hingga 437% dengan TRANSFER FACTOR, download brosurnya, mungkin sewaktu-waktu bermanfaat!
    terimakasih

  81. hendra Says:

    tolong mas rony minta info PG yg bagus 2 bahass dan biayanya terjangkau di daerah sleman dan jogja. trims

  82. Rudi Says:

    Hallo mas Rony,perkenalkan saya Rudi asal dari Mangunan dekat SD Mangunan…
    Saya hanya ingin memberitahukan kalo SD K E Mangunan masih ada dan sekarang makin bagus,karena perbandingan dngn tahun waktu saya skolah d situ jauh bngt,dan sekarang sudah d bangun TK nya dan masih dalam proyek pembangunan,…
    Bgi yg ingin mlihat kwalitas sd dan tk itu silahkan dateng aja ke Jln.Jogja-Solo km,11,5…
    Sekian däñ terímä käßíh…

  83. Dhora Says:

    minta daftar SD inklusi selain SD Tumbuh coz dengar2 SD Tumbuh itu mahal, ga sanggup kyknya….ad yg SD Negeri ga ya???

  84. Francisca Says:

    Pak..mohon di emailkan info sekolah untuk anak saya.
    Mau pindah jogja dan sedang gali gali informasi tentang sekolah.
    Tks beratz

  85. mama edo Says:

    Mas roni tolong info playgroup n tk inklusi di jogja *info tambahan terapi wicara n konsentrasi bs dicoba di rumah sahabat jl.gambiran umbulharjo, anak sy perkembangannya lumayan, trimaksih sblmnya mas roni

  86. niken Says:

    Mas Roni, mau tanya biaya sekolah utk Play Group & TK di Budi Utama berapa yaa?? saya tertarik menyekolahkan anak saya di sana dan kebetulan dekat dgn rumah. Makasih

  87. Rahayu Says:

    Kalau sekolah di kota Semarang, untuk anak yang mengalami gangguan konsentrasi (IQ = rata-rata), dimana ya ? Saya perlu informasi. Terima kasih

  88. alexandria deni Says:

    Mas info yg bagus skli..thx ya. Memang gk mudah mencari sklh buat anak ya. Byk skali pertimbangannya. Mutu, kurikulum/metode sp biaya. Saat inipun aku lg nyari sklh PG buat anakku. Sdkt sharing, bgmnpun..klo menurutku sekolah yg pertama adalh kel. Parents adalh guru yg pertama.slain anak kita bs bertumbuh pesat dlm IQ,EQ,knowledge,skill,value..dg menemani anak bermain/belajar otomatis lebih mendekatkan hub ortu&anak. apalg usia anak 0-5 th adlh masa yg dinamakan ‘golden age’. Dimana di usia2 itulah saat2 yg terbaik memberikan banyak stimulasi (+) pd anak, krn pd usia itu penyerapan otak anak kayak spon lho…nyereeeep bgt,50%penyerapannya. apapun yg diajarkan ortunya..akan terekam dlm memorinya..dan suatu saat,ketika semua indranya berfungsi dg baik..kesempatannya buat dia u menyampaikan apa yg prnh dia tau/dengar/lihat. Semua anak terlahir cerdas..setujuuu kan…tinggal bgm sbg ortu ‘membantu’ anak u mempertahankan & mengembangkan potensi kecerdasan anak kita.(Krna jutaan saraf otak anak yg tdk terstimulasi akan otomatis rontok…sayang kan).buat bunda..parents..yang ingin sharing lbh jauh ttg tumbuh kembang anak kita, bisa minta ijin berbagi email saya ke mas roni.thx mas roniiii

  89. Sewa Mobil Jakarta Says:

    rekomended buat yang mau masuk Sd nih

Leave a Reply